Selasa, 21 Februari 2012

“Jineng” bangunan bali

screenshot0063.jpg Jineng atau sering juga disebut glebeg (ada perbedaan antara ukuran dan seni arsitektur nya) yang berfungsi sebagai tempat penyimpan padi bagi masyarakat bali. Sebagai lambang kemakmuran dan fungsi lainnya adalah sebagai tempat bersantai dibawahnya.
Bila ada upacara manusia yadnya (misalkan potong gigi, pawiwahan/menikah bagi masyarakat hindu bali) bangunan ini dapat difungsikan sebagai tempat hidangan.
Biasanya sering ambil proyek rumah tempat tinggal berlantai, namun untuk bulan bulan ini sedang sibuknya menyiapkan bangunan jineng ini.
Bangunan kecil dan unik ini dominan mempergunakan kayu. Untuk harganya jelas berbeda2 karena terdapat beberapa model. Ada yang full memakai ukiran, ada juga yang polos.
Salah satu contoh gambaran pengerjaannya adalah sebagai berikut, namun untuk foto finishingnya tidak ada, karena waktu penyerahan saya tidak ada disana.










pagi 1.jpg
2.jpg
3.jpg
4.jpg
Jineng ini dibuat dan dirakit dirumah saya dulu. Kemudian bila sudah klop tinggal dikirim kelokasi. Di lokasi proyek cuman mengirim 6 orang pekerja, dan hanya membutuhkan waktu 8 hari kerja langsung finish.

0 komentar: